Blog Competition

Blogging Kreatif versi Saya dengan ASUS AiO PC V220IC

#ekspresikandirimu #ASUSINTEL – 3 tahun lalu tepatnya awal tahun tahun 2014 saya mulai menolak untuk ngeblog. Alasannya, hari ini sudah banyak yang merambah dunia blogging dari mulai ibu-ibu, pelajar SMP hingga masyarakat awam. Pasti jenuh sudah banyak peminatnya.” Pikir saya waktu itu. Akhirnya blog saya yang saya kelolah di rumah sebelah mangkrak tak ada perkembangan apa-apa setelah berjalan kurang lebih dua tahun lamanya.

Akhirnya saya melepaskan pikiran demikian dan mulai lagi dari awal dengan rumah baru saya, setelah berpikir saya lebih suka ngeblog waktu jenuh dengan tugas kuliah. Inisiatif saya ini berdasar pada selera saya yang pengennya memulai lagi dengan yang baru.. Pasti sulit! Dan pasti menantang. Karena harus mulai dari awal, seperti desain webnya, menunya navigasinya, kontennya mendukung infografis, gambar, video, audio yang mendukung dan tentunya gak asal bikin. Karena memang itu tantangannya maka saya sanggupi saya. Beruntung saya memiliki notebook yang sudah mendukung Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Buat apa toh punya yang beginian gak dipakai saja untuk sesuatu yang seharusnya, seperti aktifitas blogging mungkin?

logo_asus_isoi_intel-300x99

Nah, memulai kembali membangun rumah dan mengelolahnya pun tak asal-asal. Beberapa kali saya gonta-ganti theme atau template blog, ada yang gak sreg, ada yang memang sudah bosan dan yang paling sering adalah tidak sesuai harapan dan jauh dari ekspektasi. Karena itu saya memiliki beberapa kriteria untuk blogging kali ini diantaranya seperti ini:

  1. Responsive

Bagi saya pribadi hal terpenting dalam melakukan blogging adalah blog tersebut cenderung responsive. Artinya bisa beradaptasi dengan window mana aja, mau kita pakai Tablet, Notebook maupun Smartphone. Baik dari saya pribadi pengelolah blognya maupun pengunjung, gak mau dong dapat zonk waktu kita buka dari smartphone gara-gara blognya gak responsive. Pengennya blogwalking eh malah kena zonk.

Selain itu juga saya juga lebih suka jalan-jalan pinjam smartphone orang lain untuk memantau blog saya pribadi. Segimana memalukannya sih blog yang saya kelolah? Hahaha 😀 karena memang opini orang lain banyak membantu maka tak jarang saya berlaku demikian dan meminta komentar si empunya smartphone.

  1. Aman

Artinya, gak ada virus yang menyebar dari blog saya. Dari mulai konten, keluaran karya saya serta load chace-nya mengandung virus. Jangan sampai! Nanti pengunjung blog saya yang sedikit itu ikutan terbang diambil si virus. Saya juga gak bercita-cita menyebarkan virus lewat blog saya. Namanya juga penyakit, harusnya kita menghindari dan lebih lagi jangan sampai blog kita terjangkit virus bahaya.

  1. Akses

Cakep sih blognya, responsive banget, tapi kok lola? No! Saya gak mau akses blog saya lemot dimata orang lain. Realistis saja sih ya, saya juga suka gak sabaran liat sesuatu yang loading-nya lama, buru-buru saja saya close daripada badmood. Saya pribadi juga gak suka gimana orang lain? Meskipun itu konten penting bagi kita meskipun konten itu hidup mati kita kalo bagi saya mendingan dibuka lain waktu saja.

  1. Berkesan

Agar pengunjung balik lagi ke blog kita maka kita harus mempersiapkan sesuatu yang unik dari blog kita. Ada aja yang unik itu, mulai dari gaya bahasa kita, desain yang kita suguhkan, pernak-pernik tambahannya, juga lainnya. Perlu adanya kesan yang mendalam bagi pengunjung agar mereka betah berlama-lamaan di rumah kita, kalau rumah kita bersih terawat dan nyaman pasti orang lain bakal balik lagi meskipun hanya sekedar blogwalking.

  1. Konsisten

Nah, ini yang paling parah bagi saya dan suka gak terwujud. Gimana ya?  Dari kontennya nih, pengennya konsisten bikin postingan satu minggu sekali atau minimal satu bulan sekali. Nyatanya sembilan purnama baru nongol. Kendalanya, menurut saya pribadi saya gak punya sambungan internet karena beberapa kendala seperti saya pribadi gak punya smartphone, modem juga agak soak, untuk wifi rumahan juga belum pasang. Aktivitas blogging ini pun nunggu modem yang sudah tua itu mau berkompromi 😥

Dari desainnya, konsisten sekali masalah huruf, theme image atau header blog, blog roll, slidebar, kebahasaan. Tapi sayangnya belum ada keunikan yang bisa saya gali lebih dalam lagi. Mohon makhlum ya, saya ngeblog pertengahan 2016 ini.

Salah satu motivasi saya untuk ngeblog adalah:

  1. Aktualisasi diri
  2. Meningkatkan kemampuan
  3. Menyalurkan Hobi
  4. Nambah pengalaman online
  5. Semakin kreatif
  6. Kekinian

Untuk urusan kreatif memang tidak sekedar enak dipandang, tapi harus memiliki kemampuan mencuri perhatian. Kenapa harus kreatif?

  1. Agar memiliki keunikan tersendiri
  2. Tantangan
  3. Meningkatkan pengunjung
  4. Mudah diingat pengunjung
  5. Betah ngeblog

 

Untuk menarik perhatian butuh sesuatu yang sangat-sangat unik, juga butuh sesuatu yang lancar untuk mendukung aktifitas blogging saya. Seperti misalnya untuk edit gambar agar terlihat cantik dan menarik dibutuhkan media yang baik kinerjanya. Salah satunya media yang mumpuni berbekal Processor Intel Core I Series (Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7) yang bagi saya sangat berpengaruh pada kinerja PC.

Kenapa?

Karena, saya butuh sesuatu yang mendukung beberapa tugas berat macam keperluan multimedia dan hiburan. Karena ngeblog juga bukan lagi masalah menulis dan dicekoki dengan puluhan paragraf tetapi ngeblog sekarang lebih mendukung adanya kreatifitas pemiliknya. Semakin kreatif maka semakin betah pengunjung mengunjungi blog kita.

Namun, kenapa eh kenapa salah satu PC milik ASUS yang sudah memiliki Intel Processor Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 ini mampu mencuri perhatian saya. Bukan karena saya pengen punya komputer desktop ini tapi melihat beberapa keunggulan lainnya yang ciamik dan bikin saya melongo dan ngebet ngimpi bisa didampingi PC ini untuk aktivitas blogging.

Namanya ASUS All in One PC V220IC komputer berbasis desktop, yang namanya desktop juga pasti rancangannya seperti komputer rumahan. Satu setnya termasuk CPU, Monitor, Sound dan Keyboard. Dirancang untuk kebutuhan komputasi berat seperti desain grafis, pembuatan video, pemutaran video, dan lainnya. Dilengkapi dengan ASUS Sonicmaster yang berfungsi untuk meningkatkan kejernihan suara, sanggup memproduksi audio yang baik tanpa menghilangkan detail instrumen nadanya.Dari segi bodi, pastinya bodinya sudah mutakhir dengan desain yang tidak kaku dan sangat stylish tentunya. Untuk port konektivitasnya sudah mendukung sistem pembaca card reader, USB 3.0 dan 3.1, microfon, headphone, HDMI, LAN (RJ-45), hingga DVD RW di bagian punggung bodi monitor.

“Dukungan USB 3.1 yang lebih cepat dan lebih responsive untuk aktivitas transver data.”

vivo-aio-usb
Tampilan Port USB pada ASUS AiO PC V220IC

PC All in One V220IC berbasis desktop ini didesain dengan fitur touch screen yang mumpuni untuk kita pecinta desain grafis. Fitur touch screen ini menguntungkan bagi kita yang lebih suka menggambar langsung di layar dengan mengumpamakannya sebagai kanvas atau kertas kerja desk kita.

Layar Touch Screen yang mendukung bagi kita yang memiliki hobi desain grafis
Layar Touch Screen yang mendukung bagi kita yang memiliki hobi desain grafis

Sehingga kita tidak perlu lagi kerja dua kali untuk sekedar menyalinnya menjadi file digital. Bukan hanya itu dengan fitur touch screen ini kita bisa mengaplikasikannya lewat berbagai perintah seperti Zoom, Cliking, Scroll, Tapping atau Dragging.

Layanan Perintah Zoom, Scrolling, Dragging, Rotate, Swipe pada Monitor touch screen
Layanan Perintah Zoom, Tapping, Dragging, Cliking, Scrolling pada Monitor touch screen

Dari segi resolusi gambar mampu menghasilkan gambar berukuran 1920 x 1080 piksel yang pasti sangat memuaskan mata kita untuk menikmati hiburan lewat audio dan visualnya. Untuk ukuran kamera depan sudah difasilitasi dengan resolusi 1MP yang mampu merekam video berkualitas HD atau setara dengan 720p.

vivo-aio-performance
Nikmati video dengan kualitas HD serta gambar dengan resolusi 1920×1080 pixel

Kenapa saya memilih ASUS AiO V220IC ini sebagai pendamping kegiatan blogging saya?

Alasannya sederhana, Sesederhana alasan saya memulai blogging. Saya butuh sesuatu yang dapat menunjang kegiatan blogging saya yang cenderung mendukung aktifitas pembuatan konten informatif, desain yang kreatif, juga mumpuni dalam hal pengembangan informasi lainnya.

Masalah ngeblog memang tidak jauh dari perangkat komputer. Namun, bukan berarti segala hal harus menggunakan komputer karena untuk saat ini aktivitas blogging bisa didukung dengan smartphone kita. Asalkan hanya mendukung. Blogger sekelas Darren Rowse yang disebut dengan bapak blogger juga pasti butuh dan menggunakan piranti komputer yang mumpuni. Maka dari itu perlu adanya dukungan Intel Core I series yang meliputi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, karena hal ini dapat mendukung serangkaian pekerjaan komputasi berat blogging dengan seimbang.

Pendapat saya mengenai Blogging
Pendapat saya mengenai Blogging

Seperti apa jika aktivitas blogging didukung dengan komputer berprosesor Core I series generasi ke 6?

Bagi saya pribadi aktivitas blogging setidaknya harus memiliki beberapa komponen agar tulisan dan konten yang kita suguhkan berkualitas. Beberapa komponen itu salah satunya adalah ada aplikasi dan media wajib yang harus dimiliki oleh blogger, apa saja aplikasi wajibnya?

  1. Microsoft Office, Beberapa dari kita memang umumnya memilih aktivitas blogging sebagai kegiatan sehari-hari dan hobi. Tak jarang segala sesuatu dituangkan lewat tulisan sebelum akhirnya mulai di publish pada blog. Untuk urusan tulisan mungkin kita tidak akan meninggalkan aplikasi Microsoft Word dan kawan-kawannya. Maka dari itu aplikasi ini wajib dan nomor satu bagi blogger dimana saja.
  2. Photoshop, Apa jadinya jika sebuah postingan tidak didukung dengan gambar atau media yang relevan? Sudah pasti bagi saya pribadi itu terasa hambar. Sama halnya dengan sebuah konten blog. Harus ada media pendukung seperti Image, Video, File dan Audio. Unsur-unsur tersebut dapat kita buat pada photoshop, aplikasi edit foto ini adalah aplikasi wajib nomer 2 sesudah Microsoft Office.
  3. Note, Kita sedang dalam kesibukan, namun secara tiba-tiba kita mendapatkan sebuah ide yang sayang untuk dilewatkan. Barangkali kita adalah supermom, traveler, pebisnis maka layak kita simpan momen yang spesial yang nanti bisa kita abadikan pada blog lewat Note. Aplikasi ini sudah tersedia pada beberapa smartphone, karena tak jarang sebagian besar dari kita memulai aktifitas blogging lewat smartphone.

Dan, bagaimana jadinya jika kita membuka semua tab (Microsoft Office, Photoshop dan Note) dalam waktu yang bersamaan jika notebook kita belum kompatibel? Saya yakin aplikasi rambanan notebook kita akan lambat seperti siput. Nah untuk itu diperlukan adanya media yang mendukung, apa saja?

  1. Kamera. Apa sih guna kamera pada aktivitas blogging kita? Barangkali sebagian dari kita memiliki foto atau gambar pribadi yang layak menjadi foto pendukung konten maka tak ada salahnya jika menggunakannya sebagai media pelengkap konten kita.
  2. Notebook. Bukan sembarang notebook, karena banyak keluhan dari beberapa blogger yang menyayangkan aktivitas bloggingnya tercekat akibat media seperti notebook yang kurang berkompromi. Alasannya, prosesor atau sistem bawaan kurang memadai untuk aktivitas blogging kita. Maka dari itu perlunya kita memiliki notebook yang sudah mendukung Intel Core I3/Intel Core I5/Intel Core I7 yang sudah pasti sangat membantu aktivitas blogging kita.

Kenapa? Karena sudah dapat dipastikan jika aktivitas blogging dengan menggunakan perangkat yang sudah menggunakan Intel Core I Series maka segala pekerjaan yang kita lakukan dengan perangkat tersebut Tidak Akan Terkendala. Mulai dari banyaknya tab yang kita buka yang akibatnya dapat membuat piranti notebook kita lambat, hingga mendukung kinerja blogging kita yang betah berlama-lama menghadap layar. Kenapa bisa begitu? Berikut penjelasannya:

Intel Core I Series generasi ke 6 atau biasa dikenal dengan Skylake ini memiliki teknologi mikroarsitektur sehingga kinerjanya jauh lebih baik dan efisien dibanding generasi sebelumnya. Prosesor ini telah dirancang dan di optimalkan untuk sistem operasi terbaru Microsoft yaitu Windows 10. Selain itu prosesor ini sudah dibenamkan pada perangkat desktop dan pada perangkat mobile. Meskipun memiliki banyak generasi namun penamaannya tetap memakai ama standart produk seperti Intel Core I3/Intel Core I5/Intel Core I7.

Manfaat lainnya memiliki komputer berprosesor Core I Series adalah:

  1. Lebih hemat konsumsi daya. Prossesor ini memiliki ketahanan baterai tiga kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan komputer pada umumnya.
  2. Peningkatan performa GPU. Grafis terintegrasi pada Skylake, yakni Intel HD Graphic terbaru diklaim bisa menghadirkan performa 50% lebih baik dibandingkan dengan GPU terintegrasi yang tersemat pada prosesor Broadwell atau Intel Core generasi ke 5.
  3. Prosesor dengan 28 core. Prosesor dengan 28 core diberi nama Intel Skylake Purley dengan seri Xeon X5 dan X7. Prosesor ini adalah prosesor khusus digunakan untuk komputer server dan perusahaan besar.

Ada beberapa kajian yang berhasil saya tangkap setelah riwa-riwi blogwalking ternyata aktivitas blogging itu tidak lepas dari beberapa konten yang sangat berketergantungan seperti berikut:

Dari segi Postingan/Konten

anatomy-of-perfect-blogpost-buattokoonlineid
Sumber : http://ispionage.com/

Dari segi Desain

web-design-biggest-challenges
Sumber : Design Mantic

Dari dasar-dasar itulah motivasi saya memperbaiki blog saya meskipun jauh dari kata sempurna. Dan lihat saja blog yang saya kelolah ini, masih sepi dan dalam tahap merangkak. Karena sebuah pertumbuhan butuh perkembangan yang tidak bisa menafikan prosesnya. Meskipun sudah memiliki inspirasi dan motivasi tapi kemampuan dan keuletan memang tidak bisa membohongi hasil. Prosesnya juga harus bertahap, bukan tau-tau berjaya.

Meskipun dalam tahap pengembangan tapi ada baiknya memang sebuah perkembangan dimulai dari terbawah juga diselingi usaha-usaha untuk mewujudkan sebuah karya yang nantinya bisa lebih diakui. Tanpa mengurangi rasa bersyukur saya yang sudah memiliki notebook Intel Core i Series tapi saya masih suka mengandaikan saja. Karena memang bagi saya yang cenderung ingin menyuguhkan desain dan grafis yang menarik disetiap konten dan membutuhkan PC dengan kinerja dan performa optimal. Maka, saya lebih memilih ingin merasakan pengalaman lebih dalam aktivitas dan pengalaman blogging. Karena itu memiliki PC dengan prosesor Intel Skylake adalah pilihat tepat bagi saya. Inspirasi ini juga didukung dengan media yang tepat salah satunya yang mendukung adalah memilih fasilitas yang cocok dan tidak memaksakan seperti ASUS AiO PC V220IC yang menurut saya lebih gahar bagi kita yang berkebutuhan blogging mendukung aktifitas hiburan dan multimedia.

Kesimpulan

ASUS All in One PC V220IC, komputer desktop mendukung kinerja komputasi berat dilengkapi dengan prosessor Intel Core I Series yang mumpuni untuk aktivitas blogging ini sangat cocok bagi blogger yang berkebutuhan menyuguhkan karya-karya yang dinamis dan kreatif. Didukung dengan bodi yang elegan mampu menghadirkan kenyamanan bagi kita yang ingin menambah piranti interior rumah agar terlihat elegan.

PC ini juga cocok dipakai bagi banyak kalangan, mengingat PC ini bisa dipakai untuk aktivitas hiburan seperti menonton film, game, video call, chatting, mendengaran musik dll. Serta pada aktivitas multimedia seperti desain grafis berbasis photoshop, adobe illustrator, corel draw, painting dll. Tapi sejatinya PC yang mendukung komputasi berat memang cocok bagi beberapa perusahaan yang lebih mementingkan penggunaan data dalam jumlah besar. Dan bagi saya PC ini sangat cocok bagi saya yang cenderung menginginkan blogging yang lebih memanjakan pembaca.

Sekian cara blogging creative bagi saya serta rahasia blogging dari saya dan semoga bermanfaat.


Sumber:

https://freepik.com

https://www.asus.com/AllinOne-PCs/Vivo-AiO-V230IC/

http://bloggerperempuan.com/asus-vivo-all-in-one-v220i

http://intel.co.id/

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

16 thoughts on “Blogging Kreatif versi Saya dengan ASUS AiO PC V220IC”

    1. Konten menarik bagi saya itu gak ribet, minimal ada 5:
      1. Isinya informatif
      2. Aktual
      3. Disertai media yang mendukung (file pdf/doc, gambar, infografis, video dll)
      4. Jujur
      5. Kalo bisa ada studi kasusnya dilapangan

      Mungkin itu aja sih bagi saya.

      Suka

  1. Assalamu alaikum Dliyaun Najihah

    apa kabar dan salam kenanl. terima kasih sudah mau membaca postingan saya dengan khusyuk kak.

    tulisan kaka ini juga tidak kalah jauh dengan postingan saya yanbgf panjangnya luar biasa.
    saya tidak tahu akan menarik perhatian juri apa ngga. karena juri punya perasaan juga hahah..

    semuanya benar bbenar berkesan sekali. sehingga review asus PC nya mengena bagi saya..

    oh iya.. saran :

    1. ketika saya akses via tablet saya tidak nampil postingannya yang ini, alias kosong.

    saya sndiri pakai laptop asus untuk membacanya. coba deh diperbaiki ya. saya akan membaca lebih detil lagi via tablet bukan laptop kak sebab membaca lewat hp/tablet itu lebih nyantol.

    jadilah yang terbaik ya

    salam dari karanganyar
    mukhofas

    Suka

    1. Wah.. Makasi mbak Ribka sudah berkunjung ke blog saya.
      Iya memang spesifikasinya bagus, saya juga pengen. Dirumah sudah numpuk Notebook jadi maunya desktop. Selain itu juga buat tambahan usaha, PC ini juga kompatibel untuk UKM rumahan.

      Suka

    1. Iya mbak Dewi’Na Irawan memang super kalau sudah touchscreen dipakai editing foto, bagi yang desain grafis seperti gambar dikertas sungguhan. Dan pasti gak lemot udah didukung Intel Core I Series generasi 6 (Skylake). Mumpuni sekali.

      Suka

  2. Sampai hari ini pun saya masih kesulitan untuk membuat konten kreatif. Blog saya terpaksa saya hapus, karena beberapa alasan juga. Selain karena kendala media juga kendala lainnya seperti kendala mood. Untuk memulai lagi ternyata tak perlu jauh-jauh hanya saja butuh motivasi. Terima kasih sudah memberikan saya pencerahan.

    Suka

    1. Iya terima kasih ya mbak Windi sudah kunjung-kunjung. Memang kendala komputer paling gak enak itu adalah ketika komputer kita gak bisa diajak kompromi. Saya juga sering mengalami hal demikian. Tapi sabar aja, semoga ada gantinya mbak.. Aamiin

      Suka

Tinggalkan Balasan

