Blog Competition

Dealoka, Aplikasi Anti Bokek Rekomendasi untuk Anak Kost

Welcome 2017!

Gak kerasa sudah awal tahun. Gimana kabar akhir bulan plus akhir tahun kemaren? Liat petasannya dimana aja? Seru gak acara tahun barunya?

Nah.. ngomongin soal akhir bulan. Biasanya gak jauh sama yang namanya bokek. Ada yang masih ngerasain bokek? Untuk anak kost biasanya yang ginian ini yang sering terjadi. Jangankan akhir bulan, pertengahan bulan aja uang saku sudah amblas. Tau-tau mikirnya gini “Ini uang pada kemana kok pertengahan bulan udah ilang?“. Iya apa iya? Udah ngaku aja, saya pribadi juga sering mengalami hal serupa kok. Kalo memang iya, berarti kita sama-sama anak kost.

1366_768_421037845

Alasan bokeknya pun relatif ya dan macam-macam. Tapi kebanyakan dari kita alasan bokeknya hanya seputaran ‘Kebutuhan Mendadak’, mendadak makan enak waktu awal gajian, mendadak kalap shopping awal gajian dll. Apa lagi ditambah kita yang belum menerapkan sistem ‘Sisihkan uang sekitar 10% untuk keperluan mendesak’ atau kasarannya ‘Nabung’. Meskipun perencanaan beginian juga perlu tapi harusnya langsung diterapkan bukan asal hiasan dinding atau note kita.

Untuk mengantisipasi bokek diakhir bulan, biar gak nyusahin diri sendiri maka kita juga harus berinisiatif ‘nyusahin orang lain’ juga. Loh kenapa bisa begitu? Simak solusinya bagi saya ya..

  1. Minta uang ke orang tua

Ini adalah cara pertama dan kemungkinan keberhasilannya 80%. Meskipun harus dengerin ceramah orang tua dulu tapi setidaknya memang harus, demi dapat menyambung hidup. Menurut saya cara ini adalah cara yang WAJIB bagi kalian untuk melindungi diri dari dilema akhir bulan ala anak kost. Orang tua pasti gak bakalan tega liat anaknya kelaparan di kota rantaunya.

Cara ini dikatakan menyusahkan orang lain karena belum tentu juga orang tua ada uang, iya kalo orang tua kita punya simpanan juga kalo gak? Tapi namanya orang tua pasti selalu mengusahakan yang anaknya butuhkan. Tapi pastikan catatan kelakuan kita juga baik ya.. Jangan asal minta tambahan tapi ternyata kelakuan kita juga gak seimbang buat balas budi mereka.

  1. Pinjam uang ke teman

Sungkan nih minta uang ke orang tua. Ditambah orang tua yang (maaf) kurang mampu. Bersyukur aja sih ya bagi kita yang punya orang tua mampu dan menyanggupi kebutuhan kita yang serba mepet gini.

Untuk cara ini tingkat kebersilannya sekitar 40% kalo pinjam dari teman sendiri, kalo pinjam di tempat lain 80% dengan jaminan lain. Kebanyakan dari kita yang lebih memilih opsi ini biasanya mereka juga memiliki keadaan ekonomi yang sama dengan kita. Jadi kita mau apa mereka juga paham dan kebanyakan gak bisa bantu banyak. Terang aja, sama-sama anak kosnya.

Tambahan aja ya, kalau kita memilih opsi ini siap-siap pasang muka badan. Bagi saya masalah meminjam uang adalah salah satu hal yang sangat memalukan. Hidup sendiri aja gak becus gimana besok kalo udah berkeluarga? Apa lagi saya cewek. Hemmpphhh…

  1. Cari kerja sementara

Kalau sudah dalam tahap ini. Saya yakin tingkat kedewasaan dan rasa malu kalian sungguh tinggi. Takut nyusahin orang lain mendingan nyusahin diri sendiri lewat nyari penghasilan. Takut nyusahin teman sendiri yang dia juga lagi butuh sesama anak kos.

Tapii, pekerjaan mana yang mau mempekerjakan kita secepat kilat dalam waktu satu hari plus gaji keluar harian? Jaga toko/kios? Bisa sih langsung kerja, tapi gaji juga jatuhnya satu bulan lagi. apa lagi perusahaan besar, hayoo mau pilih mana?

  1. Diam diri di kontrakan/kost

Sudah ya nyerah saja mendingan balik ke poin pertama dan berdiam diri di kost nunggu bantuan sambil banyak doa. Kali ada kakak tingkat traktiran habis wisuda. Hehehe 😀

Mau keluar juga itu bukan solusi, keluar kost juga malah ngabisin uang, berat diongkos. Puasa aja deh ya.. sambil nunggu kiriman tambahan dari orang tua. 😀

  1. Jaga pola hidup sebelum akhir bulan

Ini adalah poin terakhir. Jaga pola hidup kita, mulai dari makan, memenuhi kebutuhan domestik kita (kosmetik, perlengkapan mandi & nyuci, bahan makanan lainnya), pulsa, listrik dan air, belanja pakaian & tas seperlunya, dll.

Hal ini adalah cara pertama kita menyelamatkan diri ddari dilema akhir bulan. Kenapa? Karena jika kita masih maksa punya pola hidup yang mewah sedangkan keuangan kita menipis, itu sama saja kita nyusahin diri kita sendiri. Terus bagaimana caranya?

Cari Voucer Diskon

Anak kost hari ini biasanya suka sama yang namanya dikonan, dapat Voucer diskon sudah kayak dapat durian runtuh. Cari-cari diskon, meskipun gak harus akhir bulan tapi kalau kita rajin cari diskon awal bulan maka kebelakangnya pasti gampang.

Dimana nyari diskonnya?

Gampang! Kalau hidup kita sudah dekat dengan internet semuanya pasti beres. Coba deh buka Google pake keywords Voucer Diskon pasti keluar Dealoka sebagai situs penyedia voucer diskon berbagai merchant yang bersangkutan.

sticker375x360-u2-a

Apa itu Dealoka?

Dealoka adalah sebuah aplikasi mobile e-coupon gratis untuk mencari berbagai penawaran spesial dan terbatas yang dapat digunakan hanya dengan mengunduh secara gratis e-coupon yang diinginkan dan ditukarkan pada merchant suatu produk disekitar kita dengan penawaran yang eksklusif.

Caranya, dengan download Dealoka. Aplikasi pintar yang sudah tersedia di Google Play dan App Store langsung dari smartphone kita. Jadi, tinggal kita download aja aplikasi Dealoka dengan begitu kita akan mendapatkan penawaran-penawaran tersebut secara gratis tanpa kita perlu mencari info kesana kemari yang menghabiskan waktu kita saja.

Apa saja yang disediakan Dealoka?

dealoka-dapatkan-diskon-esklusif-secara-gratis-dengan-voucher-promo-elektronik

Rata-rata diskon yang ada pada website dealoka berkisar antara 40% keatas, bahkan tidak tanggung-tanggung ada yang diskon dari 99 ribuan untuk beberapa furniture dan interior rumah.

Apa saja keunggulan-keunggulan belanja di dealoka melalui aplikasi Dealoka?

  1. Banyak diskon dan diskonya sesuai lokasi kita
  2. Aplikasinya responsif untuk di browser
  3. Penawaran terbatas yang tidak tersedia untuk publik, hanya ada di dalam aplikasi Dealoka saja
  4. Berbagi manfaat. Bisa share penawaran yang ada ke teman kita di facebook, twitter dan facebook. Sangat membantu untuk beberapa keperluan seperti traktiran atau syukuran.
  5. Ada fitur direktori yang bisa mencari restoran atau tempat lainya yang ada di sekitar kita.

Bener Dealoka rajanya diskon dengan banyak Voucer Diskon. Bagi yang gak mau ketinggalan informasi terbarunya juga bisa langsung kunjungi aja websitenya di Dealoka.

Kesimpulan

Untuk menunjang pola hidup kita sebagai anak kos, ada baiknya sesekali cari diskon salah satu caranya rajin-rajin periksa Dealoka. Biar gak bokek akhir bulan.. Hal ini juga mendukung pola keuangan kita. Pola pengeluaran kita bisa lebih terjaga dengan hidup asyik banyak voucer diskon dari Dealoka.

dealoka


Postingan ini saya ikutsertakan dalam Blog Competition#DealoBLOG yang diadakan oleh Dealoka. Untuk info lebih lanjut dapat dikunjungi disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s