Blog Competition

Galeri Indonesia Blibli.com Surganya Produk Kreatif Asli Indonesia

Produk kreatif 100% asli Indonesia – Ngomongin produk kreatif asli Indonesia memang gak ada habisnya. Beberapa minggu lalu tren Indonesia semakin terbaca dikancah Internasional, sebut saja ‘Om Telolet Om’. Nah.. saking ramenya Om telolet Om ini bahkan menjadi viral hingga luar negeri. Bayangkan saja deretan DJ Amerika berhasil suguhkan video berisi bunyi klakson telolet ini di media sosial. Tapi, bukan itu yang saya maksud produk kreatif asli indonesia yang akan saya bahas ya..

Produk kreatif asli indonesia memang tak ada habisnya untuk di simak. Coba deh diingat lagi? Menurut kalian apa produk asli Indonesia yang sudah Go Internasional? Pasti kebanyakan jawaban adalah Batik. Iya.. saya sendiri juga menyatakan demikian jika ditanya.

Kenapa?

Karena batik sudah dipatenkan sebagai kebudayaan asli Indonesia yang sudah di patenkan oleh UNESCO pada tahun 2009. Dengan penetapan tanggal 28 September 2009 dan pengukuhan tanggal 2 oktober 2009. Karena itu tepat setiap tanggal 2 oktober diperingati hari Batik.

Ngomongin soal batik nih, sobat-sobat bisa cari beberapa review batik. Menariknya beberapa review batik akan muncul deretan batik yang terkenal seperti Batik Pekalongan, Batik Cirebon, Batik Madura, Batik Jepara dll.

Fyi, Batik sendiri memiliki beberapa filosofi. Kebanyakan batik memiliki nilai filosofi terletak pada ukiran (atau corak) itu sendiri. Umumnya arti batik itu dilihat dari dua sisi. Pertama, batik dinilai sebagai sebuah Corak/Ukiran. Jadi nilainya terletak pada makna ukirannya. Kedua, batik dinilai sebagai sebuah kain –Kain Batik– . Saya termasuk penikmat batiknya saja bukan penikmat coraknya. Karena bagi saya Batik tetap Batik.

Di Indonesia sendiri ada lebih dari 5 kota penghasil batik diseluruh nusantara. Apa saja?

  1. Pekalongan

Batik Pekalongan ini lebih berbeda dengan kebanyakan batik yang terdapat di Jawa, dengan warna lebih beraneka dan ragam hiasnya naturalistis. Dari sekian banyak jenis batik Indonesia, batik Pekalongan merupakan salah satu motif batik khas Indonesia yang disukai masyarakat dunia.

  1. Solo

Batik solo namanya, salah satu batik yang terkenal dengan pola dan corak tradisional dari proses cap atapun batik tulisnya. Pola dalam batik solo yang terkenal yaitu ‘Sidoluruh dan Sidomukti’, bahan-bahan yang digunakan dalam proses pewarnaan yang biasa dipakai yaitu soga jawa yang sudah dipakai sejak zaman dulu.

  1. Cirebon

Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik pada sentra industri batik lain di Jawa Barat. Batik Cirebon merupakan setra batik yang masih ada hingga sekarang. Pola baik Cirebon yang sangat terkenal dan menjadi icon Cirebon adalah motif Megamendung.

  1. Madura

Batik madura, batik dari pulau garam ini ebih terkenal dengan corak dan warna yang kuat dan berani meliputi warna merah, hijau dan kuning. Pusat pengerajin batik Madura paling banyak adalah di Kabupaten Pamekasan.

  1. Bali

Saat ini motif batik Bali cenderung menyesuaikan dengan batik modern dari luar pulau. Motif yang saat ini banyak terdapat pada batik modern Nusantara adalah ekspresi dari benda-benda alam seperti pohon, bunga, kupu-kupu, burung, atau ikan tanpa mengurangi pengaruh batik itu sendiri dalam prosesi kehidupan sehari-hari masyarakat Bali terutama dalam menjalankan upacara keagamaan.

  1. Kalimantan

Perpaduan warna seperti hijau, pink, orange, serta merah menjadi salah satu ciri khas dari warna batik Kalimantan. Beragam jenis motif seringkali menjadi ciri khas batik ini, misalnya motif batang garing yang menjadi perlambang pohon kehidupan bagi masyarakat suku Dayak.

Di Kalimantan Tengah, terdapat batik yang sangat terkenal bernama Benang Bintik. Coraknya sarat dengan pengaruh Kaharingan yang merupakan kepercayaan leluhur suku Dayak.

  1. Banten

Batik Banten memiliki identitas tell story (motifnya bercerita) memilki khas tersendiri ketimbang batik lain. Beberapa motifnya diadopsi dari benda-benda sejarah (artefak). Di setiap motif terdapat warna abu-abu yang konon menjadi cermin Banten. Batik Banten memilki ciri khas dan unik karena selain motifnya bercerita tentang sejarah, batik ini biasanya berasal dari benda-benda peninggalan seperti gerabah dan nama-nama penembahan kerajaan Banten seperti Aryamandalika, Sabakingking, dan lain-lain.

  1. Betawi

Batik Betawi ini memang memiliki warna dan corak yang berbeda dari batik kebanyakan. Batik Betawi rata-rata memiliki warna cerah serta motif-motif yang diambil dari nilai-nilai budaya yang terdapat di masyarakat. Beberapa contohnya adalah Ondel-ondel, Sungai Ciliwung, dan Peta Ceila.

Produk kreatif asli Indonesia selain batik adalah produk daur ulang berbahan kayu dan segala macam bahan olahan asli Indonesia. Kadang saya mikir, ada gak sih toko yang menjual batik yang trendi? Yang kreatif gitu? Meskipun gak harus Batik tapi yang mepet-mepet budaya khas Indonesia. Secara kita kan harus cinta indonesia juga cinta produk lokal beserta budayanya gitu. Ada, sih. Ya ada lah macam Blibli.com. Banyaaaaak silahkan kunjungi Blibli Galeri Indonesia barangnya 100% asli produk Indonesia dijamin gak bakalan nyesel.

Ada apa aja?

Galeri Batik Indonesia

Nah.. disini banyak macam batik yang dipromosikan. Mulai dari batik Kontemporer hingga aksesories paling banyak dicari seputar batik.

sticker375x360-u2

Galeri Buku dan Musik Indonesia

Suka baca buku? Atau suka musik khas Indonesia, dari penyanyi dan musisi Indonesia? Disini tempat belinya, dijamin dapat barang asli dari produksi mereka sendiri.

Galeri Kriya Indonesia

Punya speakerphone? Jam dinding? Radio? Hiasan lampu? Gitar? Tapi bentuk dan coraknya itu-itu aja? Sekarang ganti deh sama yang kreatif dikit dan asli Indonesia. Di Galeri Indonesia kita bisa nemuin berbagai macam Brand lokal Indonesia yang terbuat dari keanekaragaman yang ada di Indonesia.

Produknya sekitaran ruang kerja, interior dan dekorasi, dan ruang makan & dapur. Modelnya? Dijamin memuaskan! Harganya? Ramah kantong.

Galeri Kuliner Lokal Indonesia

Tau Maichi? Ini cemilan favorite saya di kos, makhlum saya anak kos. Sambil ngeblog, blogwalking saya nyemil ini cemilan. Suka yang level 15, itu udah bikin perut nangis. Nah.. di Blibli.com ada nih! Dan jauh lebih murah, kalo saya beli satu bungkus Basreng atau kripik Singkongnya saja 24 ribu, di blibli.com hanya 30 ribu sudah dapat dua pcs. Ramah kantong, beli sekalian banyak buat persediaan nobar dan liburan. Selain maichi juga ada banyak sekali kulineran asli Indonesia seperti bakpia Kuniasari, Coklat nDalem dll

maicih-gurilem-set-2-pcs-_-blibli-comcokelat-ndalem-agengan-klasik-coklat-dark_extra-dark_milk-chocolate-_-blibli-com-1cokelat-ndalem-alitan-pedas-coklat-cabai_jahe_mint-_-blibli-com

Galeri Brand Lokal Indonesia

Nah.. kalo ini semua brand asli indonesia nongkrongnya disini. Mulai dari kaos, baju wanita, tas, gelang yang semuanya dari produksi Indonesia.

wish-w2002m-06b-jam-tangan-pria-dark-blue-_-blibli-com

Galeri Pakaian Muslim Indonesia

Wah.. saya muslim dan ingin produk kreatif asli Indonesia yang mendukung muslim juga. Nih.. ada di kolom Galeri Pakaian Muslim Indonesia, untuk pakaian wanita seperti tunik, jilbab, long dress (gamis), atasan dll. Dari merknya Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar, Ria Miranda, Jenahara Gyuri, Barli Asmara dan lainnya. Untuk pakaian pria juga ada Koko dan Kemeja dari brandnya Papercut,

Galeri Produk Kecantikan

Produk kecantikan apa yang sering sobat pakai? Kalau saya memang dari Indonesia semua mulai dari perawatan tubuh, perawatan wajah, perawatan rambut dan make up semuanya dari Indonesia. Untuk perawatan tubuh dan wajah saya percayakan pada Sariayu MT, untuk makeup saya lebih memilih kosmetik Wardah.

Di blibli.com semuanya ada, Wardah, Zoya, Sariayu, Marina, Purbasari, Herborest, Citra, dll. Harganya standart ya …

Galeri Tiket dan Travel Lokal Indonesia

Nah.. tiket dan travel lokal indonesia ini beberapa kumpulan tiket dan paket travel bagi yang suka ngetrip. Ada galeri wisata yang sudah biasa bagi para traveler dengan berbagai paket seperti paket Honerymoon, paket wisata +snorkeling +seawalker +banana boat, paket spa, dll. Selain itu bagi yang ingin menikmati pertunjukan atau pagelaran domestik blibli.com juga sudah menyediakan untuk kita. Misalnya nih kita ingin menikmati teater anak-anak UI, nah ada tinggal cari di kolom tiket dan travel lokal Indonesia.

on-trip-paket-eksotika-dengan-kapal-ekspress-bahari-wisma-apung-voucher-3h2m_1-pax-_-blibli-com on-trip-paket-eksotika-dengan-kapal-ekspress-bahari-wisma-apung-voucher-3h2m_1-pax-_-blibli-com-1

Galeri Workshop

Di Galeri Workshop ni adalah wadah bagi kita yang lebih memilik bagaimana proses pengerjaan sebuah produk kreatif asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk pelatihan. Mulai dari kerajinan tangan hingga pelatihan lainnya seperti pelatihan Yoga dan lokakarya dari Museum ternama.

arma-museum-resort-lokakarya-balinese-cooking-voucher-_-blibli-com arma-museum-resort-lokakarya-offering-making-_-blibli-com

BELANJA PRODUK LOKAL DI BLIBLI

Belanja produk lokal di blibli.com sekarang lebih mudah dan banyak manfaatnya. Salah satunya selain menambah kecintaan kita terhadap kearifan lokal negeri kita, belanja di Blibli.com juga dapat memperbanyak jumlah lapangan pekerjaan bagi sebagian orang. Salah satunya adalah ada banyak produsen dalam negeri yang berbondong-bondong memasarkannya ke Blibli.com. Selain membantu meningkatkan benefit Blibli.com sendiri, langkah demikian juga menambah lapangan pekerjaan bagi produsen baru khususnya masyarakat indonesia yang ingin bekerjasama dengan Blibli.com.

Lebih mudah lagi blibli.com sekarang sudah memudahkan pelanggannya dengan cara berbelanja yang fleksibel dan sangat ramah. Berikut ini keunggulan belanja di Blibli.com

keuntungan-belanja-di-blibli

BANGGA PAKAI PRODUK KREATIF ASLI INDONESIA

Kebanggaan terhadap produk dalam negeri dapat kita tunjukkan dengan memakai hasil karya bangsa kita sendiri. Jika kita tidak bangga dengan produk dalam negeri lalu siapa lagi yang harus memiliki kebanggaan tersebut? Salah satu ciri bangsa yang besar adalah mereka yang menghargai barang produksi sendiri.

Kenapa?

  1. Meningkatkan devisa. Semakin terkenal hingga luar negeri produk Indonesia maka semakin meningkatkan devisa negeri ini lewat perputaran expor keluar negeri.
  2. Memperluas lapangan pekerjaan. Jika penjualan produk asli Indonesia meningkat akan memperbanyak jumlah produksi yang mana pastinya akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak lagi.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mendukung kesejahteraan ekonomi lokal melewati beberapa usaha masyarakat itu sendiri
  4. Gambaran rasa cinta masyarakat pada bangsa ini. Meningkatkan kualitas produksi. Dengan mengapresiasi kualitas produksi produk dalam negeri yang kebanyakan dipandang sebelah mata.

Sudahkah kita mencintai produk dalam negeri kita? Bagi yang belum, jangan khawatir. Sekarang blibli.com memiliki inisiatif untuk mendukung kecintaan kita terhadap produk dalam negeri. salah satunya dengan kolom Galeri Indonesia, berbagai produk kreatif asli indonesia sudah tersedia untuk kita yang ingin memiliki produk dalam negeri dengan kualitas yang tak diragukan dan model kekinian. Dan dijamin gak bakalan noraak!

Sudah? Sudah ya.. penulisnya capek ngetiknya. Jangan lupa kunjungi Blibli.com bagian Galeri Indoensia, 100% produk kreatif asli dalam negeri. dijamin Indonesia bangeeet!

 

bli-bli

Sumber:

http://www.jawaban.com/

http://www.freepik.com/

http://kowani.or.id/


Postingan ini saya ikutsertakan dalam Blog Competition #BlibliGaleriIndonesia yang diadakan oleh Blibli.com . Untuk info lebih lanjut dapat dikunjungi disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s