Blog Competition

Usaha rumahan yang dapat dicoba bareng Ralali.com

Beraneka ragam tipe pekerjaan semakin terbuka seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi di jaman yang serba cepat diera digital ini. Karena keanekaragaman itu hari ini pekerjaan bukan lagi masalah kantor saja. Banyak pekerjaan juga menunjang sampingan profesi inti kita, namun terbayang tidak sih bagaimana jika suatu ketika kita sebagai anak rumahan apa lagi perempuan memiliki mimpi menjadi wiraswasta kecil-kecilan tapi tetap rapi ndak keluar rumah? Sudah memiliki bayangan atau pikiran tentang usaha apa yang ingin kita lakukan? 

Beberapa tela’ah penulis hasil stalking si Google ternyata semakin hari pekerjaan kita bukan lagi dalam ranah ‘perkantoran’, bisa saja karena pekerjaan kantor lebih membosankan tapi untuk selanjutnya pekerjaan sudah bisa kita akses dimanapun dan kapanpun. Kita bisa bekerja tanpa kekantor, atau setia dirumah tapi ikutan perusahaan yang beda kota (bahkan propinsi) bisa juga.

Orang-orang akan semakin mudah bosan, sehingga berkembangnya pekerjaan diluar sektor kantor seperti banyaknya tawaran pekerjaan freelance. Apalagi, akan semakin bertambah banyak event dan aneka bisnis unik yang pasti bermunculan. Ditambah dengan waktu bekerja yang bebas dan bayaran yang lebih tinggi akan menjadikan masyarakat kita lebih selektif lagi memilih pekerjaan. Karena itu mereka lebih memilih menjadi freelance karena alasan waktu yang lebih bisa mereka nikmati dengan rotasi pekerjaan yang seimbang, hal ini menjadikan freelance lebih menarik daripada usaha lainnya.

Untuk rekomendasinya ada pekerja yang justru memilih-milih pekerjaan mereka, pekerjaan semacam ini biasanya lebih sesuai dengan passion dan gaya hidup kita. Oleh karena itu, banyak yang justru memilih-milih pekerjaan dibandingkan pusing mencari pekerjaan. Kedepannya masyarakat kita semakin tidak mau untuk dikekang. Menjadi entrepreneur pun tak perlu ide-ide fantastis. Cukup mengembangkan hobi yang dimiliki dan bekerja sama dengan orang lain yang berbagi hobi serupa. Hal ini berpotensi untuk menjadikan kita bekerja sesuai dengan hobi, meskipun terkadang ada hobi yang nyeleneh. Kira-kira, bagaimana karir yang cocok bagi kita sekarang?

Nah.. bagi kita yang masih belum terfikir ingin menjadi entrepreneur maka penulis disini akan memaparkan beberapa pekerjaan rumahan yang cocok bagi buibu dan seagian besar perempuan. Kenapa perempuan?

Banyak hal ya perempuan jaman sekarang pun tak mau kalah dengan laki-laki alasan gender dan sistem patrialkal mungkin sudah basi. Tapi menurut saya jika memang memungkinkan, ditambah bisa menambah uang jajan (untuk suami atau uang jajan sendiri), terus tak banyak keluar rumah maka diperbolehkan saja. Karena usaha rumahan lebih fleksibel disekitar perempuan, umumnya mereka akan lebih leluasa menghabiskan waktu dirumah.

Peluang usaha yang dapat ditemui saat ini mungkin banyak, namun tidak semua dapat mendatangkan keuntungan jika tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh. Ada banyak usaha rumahan modal kecil tapi menguntungkan, namun sebelum memulai merintis usaha ini sebaiknya pahami dengan baik bisnis apa saja yang sesuai dengan kita dan passion kita.

fashion

Tingkat kebutuhan masyarakat akan fashion juga kian meningkat, karena banyaknya mode dan tren fashion setiap harinya yang berkembang. Sementara bagi wanita, pakaian bukan hanya sekedar sesuatu yang digunakan untuk menutupi tubuh. Lebih daripada itu, pakaian menjadi hal yang mewakili jiwa mereka. Tak ada salahnya jika kita memilih bisnis fashion, terutama fashion untuk wanita. Dunia fashion pun tak akan berhenti mengeluarkan berbagai model terbarunya. Dari waktu ke waktu selalu muncul pakaian model terbaru yang tentu menarik untuk dimiliki. Kian bergulir, zaman kian berubah seiring perkembangan waktu, semakin modern dan tampil modis. Hal ini mendorong banyaknya seniman muda maju meramaikan industri fashion. Ternyata, banyak yang akan dituai saat sedari muda sudah menggeluti dunia fashion, apa saja itu?

Buka boutique.

boutique-shop-94-large-63b9044dbc8e9781993fbc6a800e030b

Bagi yang mempunyai passion di dunia fashion, kamu juga bisa merancang baju ide karya sendiri dan mengimplementasikannya. Karena suatu saat kamu hasil rancanganmu bisa diperjualbelikan di masyarakat.

Menjadi perancang busana.

Karena setiap harinya selalu ada update fashion terbaru dan harus segera divisualisasikan. Maka kita juga dituntut untuk memiliki desain khas sendiri. Nah.. bagi peminat fashion maka tak salah jika bidang ini patut dicoba sebagai usaha kecil-kecilan kita.

accesories

Membuka usaha biasanya dijadikan pilihan terakhir sebagian orang, mereka lebih memilih bekerja kantoran. Namun berbeda halnya dengan orang yang memang memiliki jiwa wirausaha. Membuka usaha tentunya menjadi prioritas utama dibandingkan dengan bekerja menjadi karyawan dan sebagainya. Peluang usaha juga bisa muncul karena hobi tertentu. Hal ini terbukti dari banyaknya wirausaha yang sukses dalam usahanya berkat hobi yang dimiliki. Tak terkecuali dengan bisnis aksesoris ini. Aksesoris wanita bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang memberikan peluang tinggi mengingat belum terlalu banyak usaha yang dibuka khusus menjual aksesoris wanita. Nah.. aksesories ini terdiri dari banyak hal, bisa dari aksesories kosmetik, parfum, kosmetik mata, kosmetik wajah, pembersih wajah, hair extention dan wigs.

bisnis-aksesories

Nah.. tiba-tiba penulis nemu video ginian nih di yutup, langsung cus aja klik gambarnya kalo mau tau ulasan video lengkapnya seperti apa..

Inti video:

  1. Usaha rumahan untuk mahasiswa (terutama mahasiswi)
  2. Fleksibel waktunya
  3. Modal awal kurang dari 100 ribu-an. Modal selanjutnya ketika sudah berkembang sekitar 10-15 juta (untuk sewa kios), untuk biaya kulakan setelah berkembang sekitar 20 juta.
  4. Patut dicoba!

personal-care

Begitu pentingnya perawatan kecantikan hingga tak ubahnya seperti menjadi kebutuhan primer saja, sehingga muncullah ide personal beauty care. Dari kebutuhan yang sangat krusial inilah berbagai ide usaha rumahan layak dikembangkan dan sangat potensial, seperti perawatan kecantikan dan salon. Ide ini sangat menarik dan inovativ bila kita memiliki ide yang sederhana dan tiada duanya, meskipun usaha perawatan kecantikan dan salon sudah banyak menjamur dengan banyak menawarkan inovasi dari ala, natural dan sejenisnya. Namun, bisa saja kita memulai usaha dengan memiliki konsep yang baru yakni dengan membuka usaha personal care atau yang sering disebut dengan usaha kecantikan personal. Nah.. usaha macam ini memiliki konsep yang sederhana, kita tidak memerlukan salon dan gerai kecantikan untuk usaha ini tapi kita hanya memerlukan segala peralatan kecantikan lengkap untuk mendukung usaha kita

Dari uraian mengenai peluang usaha tadi kita bisa memulai tahapnya dari awal. Tahap awal mereka akan kesulitan menemukan reseller produk mereka, namun jangan khawatir Ralali.com sebagai B2B Marketplace ini adalah marketplace terbesar yang memiliki konsep B2B Market place.

apa-itu-b2b-marketplace

Nah Ralali B2B Marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi online secara bulk atau grosir. Fokusnya adalah setiap orang bisa memulai usaha sesuai dengan passion mereka dengan berkulakan di Ralali.com. Sedangkan B2B sendiri adalah Business to Business yaitu sebuah transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya. Yang mana sistem transaksi jual belinya secara online antara pebisnis atau pemilik usaha dengan supplier. Konsep tersebut yang membedakan B2B dengan markeplace lainnya yang memiliki konsep C2C (Customer to Customer) yang mewadahi pelanggan dengan pelanggan lainnya, atau B2C (Business to Customer) yang mewadahi supplier dengan pelanggan.

kenapa

Ralali.com sendiri ini dikenal oleh masyarakat sebagai Ralali B2B Marketplace berbasis MRO atau kepanjangannya Maintanance, Repair andOperation artinya Ralali.com menghubungkan pembeli (korporat atau individu) dengan supplier ternama dan terpercaya untuk menemukan produk kebutuhan usaha mereka secara online dengan transaksi pembelian secara partai, bulk atau grosir. Jadi prosesnya pasti nyaman, mudah dan aman. Sehingga dapat dikatakan bahwa Ralali.com ini memiliki fokus sebagai wadah untuk membantu setiap orang agar dapat memulai usaha sesuai dengan passion mereka dengan berkulakan di Ralali.com.

Pendirinya orang jawa yaitu Joseph Aditya sebagai CEO mendirikan Ralali.com dan aktif pada tahun 2013. Sekilas penulis mengira-ngira bahwa nama Ralali ini diilhami dari pendirinya yang ingin mengesankan bahwa bisnisnya sangat mengesankan maka muncullah nama Ralali. Berbasis MRO yaitu Maintanance, Repair dan Operation bisnis ini banyak memiliki banyak gebrakan..

gebrakan-ralali-1

Bagaimana kaitannya dengan usaha diatas?

Bukan Ralali B2B Marketplace namanya jika tidak sanggup menyediakan reseller produk yang kita inginkan. Beberapa produk sudah tersedia di Ralali.com yang dapat di akses secara online maupun offline di tokonya Lindeteves Trade Center Lt.UG Blok A23 No.6 Jl. Hayam Wuruk 127 Jakarta Barat 11180 – Indonesia (telp 021 – 33316506). Ralali juga menyediakan sistem yaitu order dan pickup, fitur ini berlaku bagi pelanggan yang mau datang langsung secara offline ke toko Ralali.com. Nah.. bagi kita yang ingin mengunjungi website resminya ada beberapa produk seperti yang sudah saya colong gratis dari Ralali.com, berikut ini:

beauty-sport-n-textile
Beberapa produk Textile yang bisa diakses untuk keperluan usaha Fashion kita.
Beberapa produk personal care untuk mendudkung usaha usaha kecantikan personal kita
Beberapa produk personal care untuk mendudkung usaha usaha kecantikan personal kita
Beberapa produk kosmetik untuk menunjang beberapa usaha aksesories dan kosmetik kita
Beberapa produk kosmetik untuk menunjang beberapa usaha aksesories dan kosmetik kita

Selain menjadi wadah reseller untuk kita calon wiraswasta Ralali juga menyediakan wadah bagi kita yang ingin menjadi reseller..

jadi-reseller

Nah.. cara ini penulis dapatkan dari web resmi Ralali bagaimana cara memulai menjadi reseller, pertama adalah dengan mendaftarkan diri kita dipojok kanan atas. Nah.. bagi buyyer nih.. bagaimana sih cara menjadi pembelinya?

buy-reseller

Tinggal isi saja kolom pendaftaran yang ada dipojok kanan seperti yang tertera pada kolom reseller. Untuk pembayarannya, sekarang semua pembayaran dengan metode Bank transfer ke Ralali.com diterima oleh PT. IONPay Networks melalui metode transfer virtual account. Kita tidak perlu lagi mengkonfirmasi pembayaran karena pembayaran kita akan dikonfirmasi langsung oleh sistem Ralali setelah melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan pada rekening berikut:

Daftar nama Bank untuk metode pembayaran
Daftar nama Bank untuk metode pembayaran

Proses Pengiriman

Ralali B2B MArketplace telah bekerja sama dengan beberapa ekspedisi yang telah dipercaya dan siap mengirimkan pesanan kita ke seluruh penjuru Indonesia. Ralali memastikan barang yang dikirim akan sampai dengan baik dan tepat waktu ke tangan konsumen. Dengan catatan lama waktu pengiriman disesuaikan dengan lokasi wilayah Anda, produk yang Anda pesan dan Ekspedisi yang digunakan.

Ekspedisi yang telah bekerja sama dengan Ralali.com sebagai berikut :

  1. SAP Express Reguler
  2. IJX Indah Jaya Express (Segera)

Kesimpulan

Banyak usaha dan bisnis yang berjamur di sekitar kita. Salah satunya adalah bisnis Fashion, Aksesories dan Personal Care. Umumnya mereka yang memiliki bisnis ini adalah mereka yang memilih sebagai bisnis rumahan bagi mahasiswa, Ibu-ibu rumah tangga atau perempuan fresh graduate . Karena beberapa alasan mereka biasanya akan mendapatkan kesulitan untuk mencari reseller yang pas untuk usaha mereka sendiri. Maka dari itu Ralali B2B Marketplace hadir untuk emmenuhi kebutuhan usaha kita dengan menghadirkan beberapa reseller produk sesuai kebutuhan kita dengan mengelompokkan menjadi beberapa kategori.

Apapun bsinisnya, Ralali berusaha untuk menyediakan dengan pelayanan yang berkesan sesuai namanya. Sehingga bisnis dari Ralali ini patut untuk dicoba dan dijadikan sebagai wadah awal usaha kita. Nah.. bagaimana dengan usaha kawan kedepannya? Ra lali ya Ralali.com solusinya!


Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition yang diadakan oleh ngeBlog.me bekerja sama dengan Ralali.com.

Ingin lebih tau tentang Ralali.com? langsung deh kepoin website atau silahkan kunjungi beberapa sosial media Ralali.com berikut ini:

Twitter : @ralalicom

Facebook : ralalicom

Google+ : +RalaliCom

Linkedin : https://www.linkedin.com/company/ralali-com

Email : sales@ralali.com

Alamat Kantor : Ruko Paramount DotCom Blok BL/C no.19, Gading Serpong. Tangerang 15810 – Indonesia (telp 021 – 29672971)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s