review

Ngeblog.. Bukan berarti ‘SAYA PINTAR’

Menulis, ibarat sebuah perjalanan. Darimana, mau kemana, bagaimana, pakai apa, lewat mana, dengan siap dan semuanya pasti ada disetiap elemennya. Menulis, dengan maksud ingin mengutarakan isi hati, isi pikiran juga tapi bukan memiliki banyak kemudahan. Yakin, setiap penulis tau dimana sebuah perjalanan (menulis) posisi macetnya, tau dimana istirahatnya, dimana harus lanjut perjalanan. Sama seperti saat kita nge-trip bareng, capek ya istirahat, macet ya berhenti-dinikmati-, waktu ada kendala ya menepi, dan lain sebagainya.

Umumnya bagi sebagian orang rutinitas menulis itu menjadikan kita lebih berisi. Bagi saya sih memang begitu, paham secara menyeluruh bagaimana harus mengeksplorasi diri dengan batasan tertentu. Tapi, tidak jarang juga yang mengatakan berisinya seorang penulis itu dinilai terlalu tinggi “Suka nulis, wah pinter ya?”. Bukan, bahkan bagi saya pribadi itu bukan termasuk juga. Kalau kata orang rumah “Ada orang yang pandai menyampaikan secara langsung. Ada juga orang yang pandai menyampaikan secara tertulis. Seperti dakwah dan beberapa ajaran.”

Menulis, apa lagi ngeblog punya beberapa faktor jika dilakukan.

  1. Biasanya tergantung Mood.

Memang mood itu terkadang datang, kadang pergi suka angin-anginan ya? Ya memang begitu ngeblog juga tergantung mood juga. Ada ide, tapi gak mood nulis. Nah kan repot yak?

  1. Nunggu ada Ide.

Gak jauh beda dengan Mood, bedanya ide tergantung sama isi kepala kita. Biasanya muncul waktu si penulis menemui beberapa temuan. Bisa dari kumpul teman, keluar rumah (liburan, silaturahmi, kajian dll) atau sekedar nyari ide dari lingkungan sekitar (disawah, sungai dll).

  1. Lagi pengen.

Biasanya yang paling keterlaluan itu ini, lagi pengen udah ada ide tapi gak mood nulisnya. Banyak kasus yang kayak gitu.. banyaaak! Tiap hari saya juga gitu. Pengen aja blog di hidupkan, tapi mau ide yang seperti apa dan bagaimana pun masih belum tau, ujungnya ngadat lagi.

  1. Tuntutan karir.

Yang masuk grup Blogger Perempuan Network pasti tau ya.. tiap anggotanya dituntut untuk berpartisipasi bikin postingan minimal satu bulan satu kali pada web resminya. Rewardsnya, kita juga dapat sponsor dari blog kita. Menulis juga butuh jaringan loh..

  1. Ada kepentingan tertentu.

Nah yang kuis hunter, bisa aja sih dibilang ini juga kepentingan para blogger yang lagi berburu kompetisi. Buat tambahan uang jajan juga buat menyalurkan hasrat #ehh.. ya begitulah, kepentingannya kalau ada blog competition baru deh buka blog. Kalo udah ada naskah tinggal publish baru deh ya buka blog. Lika-liku banget, juga kadang mendarama.

 

Kendalanya

Ngomongin masalah ini, banyaaak sekali uneg-unegnya, intinya biasanya kebanyakan alasan saking malesnya.

  1. Sambungan

Banyak kendala pertama, kita ngeblog juga harus ada sambungan internet. Gak ada sambungan internet gak ada yang namanya ngeblog. Kadang juga gak ada kuota internet pribadi juga kadang males nyari gratisan. Ada yang gratisan tapi harus ngafe dulu, bayar cafe lebih mahal dari bayar biaya warnet. Warnet sekarang juga sudah jarang ada. Yang masih ngampus enak ada wifi kampus, yang gak? Ke Wifi Corner Telkom? Bisa tapi kadang gak ada sinyal, sinyalnya rebutan. Hahaha 😀

  1. Kosong

Gak ada ide, penulis juga butuh asupan gizi dari beberapa kajian ya. Umumnya mereka menamakan ‘Penulis juga pembaca’ . Bukan sesuai dengan pengertian pragmatis kita juga, pembaca juga melebar artinya bisa aja secara pragmatis, juga bisa secara mengamati. Intinya harus peka saja ya..

  1. Waktu

Ada naskah ada kuota (sambungan internet), tinggal publish eh yang nulis gak ada waktu. Saking sibuk atau saking gak ada keinginannya mungkin ya?

  1. Terbatas

Nah.. ini yang paling penting. Medianya aja gak ada gimana mau nulis di blog coba?

  1. Motivasi

Aslinya semua ada jalan. Tinggal kita saja yang mau apa gak, bisa apa gak. Udah gitu aja.

  1. Alasan

Karena kebanyakan komponen penghambat, bilang aja lagi pengen ngeles juga banyak alasan. Hahaha 😀

 

Alasan saya

Ngeblog bukan sekedar hobi saja, hobi bawaan memang nulis. Biasanya ngeblog memang kalau ada sambungan juga sudah ada naskah yang sudah jadi. Ada sambungan tapi tulisan belum ada dan ujungnya cuman nulis judul aja di blog masalah kontennya diurus belakangan, sering. Bahkan rutinitas beginian hampir selang-seling dengan ada naskah jadi tinggal publish aja.

Nah.. karena memang saya dari dulu sampe sekarang gak pernah pinter-pinter masalah akademik gak pernah dapat juara 5 besar disekolah, cuman satu kali aja sih dapat IP Cum Laude 4.00 waktu kuliah, ya makhlum aja kalo saya pribadi bilang saya ini agak selow mikirnya. Hehehe 😀 karena itu saya berinisiatif buat nulis buat nambah wawasan juga buat ngelatih otak.

Lah ndilalah malah ada yang bilang “Kamu mah enak suka nulis jadi gak terkendala buat tugas kuliahnya. Langsung banter masalah ide.” Asal kalian tau saja.. saya nulis itu juga karena saya mikir tak ada keahlian khusus yang saya miliki jadinya saya nulis ginian. Masalah ngblognya, ngeblog hanya kendaraan saya aja buat diperjalanan biar ada motivasi biar ada alasan buat apa saya nulis. Meskipun ngeblognya gak dibaca orang lain tapi bertahap ya…

Intinya begitu, saya ngeblog juga buat tambahan aja biar lancar biar cair. Kata bapak saya, kalo gak bisa berkarya ya minimal ada yang bisa dikeluarin walopun cuman lewat tulisan juga catatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s