Blog Competition

Mau Mulai Usaha tapii…

Lulus kuliah bingung mau cari kerja apa? Begitulah pikiran saya tiba-tiba menghantui, beberapa bulan lagi saya sudah akan menyandang gelar sarjana. Tapi masih ompong masalah kerja. Mau kerja apa? Mau kerja bagaimana? Mau kerja dimana? Hanya saja saya sudah merencanakan sesuatu tapi…

Belum lagi mentas masalah ‘Tapi” muncul lagi masalah modal dan akomodasi lainnya. Untuk masalah modal mungkin bisa dicicil ya dari sekarang yang intinya bisa juga ngajukan proposal kepada orang tua. Hehehe 😀 Pengalaman penulis sih ya penulis sudah ditawarin ortu nih ya untuk memulai usaha, jadi modal sudah bisa diatur lah ya..

“Ayo mbak, mau usaha apa? Nyaingi bapak ndak apa loh ya… Usaha apa saja ndak pa nanti bapak yang modalin pertama.” Kata Bapak penulis beberapa bulan lalu tau penulis sudah ujung skripsi 😥

Namun, setelah sudah ada modal terpikirlah supplier nya. Apalagi jika kita masih takut dan harap-harap cemas masalah usaha. Suppliernya bagaimana? Suppliernya siapa? Banyak faktor yang menjadi pertimbangan seseorang dalam mengambil keputusan untuk mencari supplier ya. Ada yang mengutamakan harga (meskipun grosir tapi harga kulakan juga menentukan untungnya ya..), lokasi, kualitas produk dan juga brand atau nama pengembangnya.

 

tapii-besar

Memulai sebuah usaha itu gampang-gampang susah. Karena saya bukan anak Managemen atau Bisnis maka bisa dirasa jika pengalaman usaha masih minim. Kesalahan saya selanjutnya yaitu usaha yang ingin saya geluti baru terpikir setelah diujung masa perkuliahan mau lulus lagi, artinya pemikiran untuk memulai usaha masih prematur. Dan akhirnya lagi saya sering mengatakan ‘Tapiii…’

Terbayang sekali ya, memang pekerjaan yang layak dan fleksibel bagi wanita seperti saya ini memiliki kriteria bekerja dirumah, bekerja paruh waktu saja, bekerja tenang tanpa mengikuti orang lain karena saya ini perempuan dan berhijab yang mana dituntut untuk menjaga keluarga (nantinya). Bukan untuk membatasi diri tapi memang itulah kemauan saya ingin memiliki usaha tapi tidak lupa dengan kewajiban menjadi seorang muslimah juga.

 

Ingin Memulai Usaha Dengan Supplier yang Fleksibel

Tanpa keluar rumah tanpa tanpa melangkahkan kaki dari rumah ke pusat grosir kota tapi ujung-ujungnya cuman dapat capeknya, tapi barang yang diinginkan tak sesuai keinginan bagi saya pribadi mendingan saya mundur teratur saja.

Belum lagi pedagang di pusat grosir yang galak-galak, kalau sudah kenal sih bisa jadi ramah tamah ya tapi untuk yang pemula?

Ada gak alternatif terbaik recomended banget untuk menentukan supplier yang memenuhi keriteria diatas? Tanpa keluar rumah langsung lihat barang dari gadget kita, tanpa ketemu pemiliknya yang cenderung dan kebanyakan galak pula? Ada kok!!

bisnis-masa-depan

Supplier ini bukan sembarang supplier, jadi pesannya enak tinggal pantengin gadget kita aja. Coba deh buka Ralali.com, atau bisa lihat terusan ulasan saya dibawah ini ya.. ^_^

ralali-satuaaaa

Jika dilihat dari namanya yang unik nih, saya langsung kepikiran “Ini nama berusaha buat mengingatkan kita biar gak lupa, Ralali (Ra dari kata Ora, dan lali itu berarti lupa). Jadi Ralali.com memiliki arti Ora Lali bagi saya. Mungkin pendirinya ingin mengesankan kita bahwa kita jangan sampai lupa pada pelayanan yang diberikan oleh Ralali.com ya.. artinya Ralali.com ini berusaha mengesankan pelanggannya dari munculnya nama itu.

Nah, Ralali.com sendiri ini dikenal oleh masyarakat sebagai Ralali B2B Marketplace berbasis MRO atau kepanjangannya Maintanance, Repair and Operation artinya Ralali.com menghubungkan pembeli (korporat atau individu) dengan supplier ternama dan terpercaya untuk menemukan produk kebutuhan usaha mereka secara online dengan transaksi pembelian secara partai, bulk atau grosir. Jadi prosesnya pasti nyaman, mudah dan aman. Sehingga dapat dikatakan bahwa Ralali.com ini memiliki fokus sebagai wadah untuk membantu setiap orang agar dapat memulai usaha sesuai dengan passion mereka dengan berkulakan di Ralali.com.

Mau usaha salon kecantikan, jual beli kosmetik, atau personal care? Usaha laundry? Usaha kuliner, mau buka Cafe, Restoran? Usaha Furniture, Interior Exterior? Usaha aksesoris Olahraga? Atau usaha lainnya sesuai dengan passion atau keinginan kita? Bisaa! Bisaa bangeet!

 

why-ralaliaaa-hitam

Konsepnya berbeda, karena Ralali.com ini menggunakan konsep B2B kepanjangan dari Business to Business, yang mana sistem transaksi jual belinya secara online antara pebisnis atau pemilik usaha dengan supplier. Konsep tersebut yang membedakan B2B dengan markeplace lainnya yang memiliki konsep C2C (Customer to Customer) yang mewadahi pelanggan dengan pelanggan lainnya, atau B2C (Business to Customer) yang mewadahi supplier dengan pelanggan.

Masih belum jelas? Jadi begini, saya nih ya.. pengen banget usaha butik, modal sudah ada tinggal supplier kain dan lainnya aja yang belum ada. Nah.. pergilah saya kepada pusat grosir online yaitu Ralali.com dari sinilah saya menemukan beberapa bahan dan modal dasar jahit-menjahit. Bisa juga dengan usaha lainnya, seperti interior. Kita ingin memiliki usaha cafe dengan desain interior yang chic sekali. Bisa nih kulakan di Ralali.com dari bahan cafe nya, hingga bahan untuk memulai desain interior. Kan cafe jaman sekarang tren tuh ya yang desain interiornya unik untuk menarik pelanggan.

Ralali.com seperti itu, menjadi wadah supplier dengan calon pelanggan yang ingin berbisnis dan usaha. Jadi antara bisnis dengan bisnis, penjual dengan penjual. Bukan penjual dengan pembeli seperti marketplace lainnya.

why-ralaliaaaaaaaaaa

Karena Ralali.com dibangun oleh mereka-mereka yang memiliki passion sebagai supplier yang beda dengan marketplace lainnya, jadi bisa dicoba nih kapan-kapan ya..

Pendiri orang jawa nih.. namanya Pak (atau Kak) Joseph Aditya sebagai CEO mendirikan Ralali.com dan aktif pada tahun 2013. Pantes aja ya.. Ora Lali. Hehehe 😀

Bulan Mei tahun 2014 Ralali.com telah menerima suntikan dana dari Perusahaan VC (Venture Capital) Singapura East Venture dengan terbukanya cabang di Serpong, Jalembar dan Glodok. Juni 2015 Ralali.com menerima funding sebesar 2,5 juta dollar dari dua investor ternama Jepang, BEENOS Plaza, bagian investasi dari BEENOS Grup dan juga Cyber Agent Ventures (CAV). Investor Ralali yang masih ada saat ini, East Ventures (EV) dan investor lainnya juga ikut terlibat dalam pendanaan ini.

karena

Karena prosesnya Praktis dan Mudah, salah satunya adalah transaksi tidak akan berlarut-larut, praktis dan mudah. Tidak harus keluar rumah seperti kata saya diatas ya kalo mau ke pusat grosir kota, kita hanya perlu pantengin komputer atau gadget kita saja langsung informasi tentang barang pilihan kita sudah tersedia rapi di website Ralali.com. Cara ini juga menguntungkan bagi kita yang sibuk juga, jadi bisa menghemat waktu dan biaya. Palingan keluar biaya ongkos kirim saya, tak apa yang penting waktu masih bisa kita bisa diberdayakan. Setuju?

Alasan yang kedua adalah aman dan terpercaya dapat dikatakan bahwa bisnis ini memberikan dampak sangat besar dilihat dari statistik Ralali saat ini, sebagai berikut:

  • Lebih dari 50.000 SKU
  • Lebih dari 30.000 pengunjung bisnis bulanan. S
  • Jumlah team member sudah hampir 100 orang
  • Brand yang dijual lebih dari 500
  • Basket size sekitar $800

Dan sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia.

Alasan yang ketiga yaitu efisien dan Transparan, karena praktis dan mudah sehingga kita yang memiliki sedikit waktu pun masih bisa memaksimalkan untuk mengurus keperluan yang belum tersentuh. Karena waktu untuk keluar rumah mengunjungi pusat grosir sudah tergantikan  langsung dengan gadget kita. Transparan karena supplier sudah mengantongi syarat dan ketentuan, mulai dari awal hingga akhir. Sehingga tidak ada yang namanya salah paham (lihat syarat dan ketentuan menjadi supplier pada website ya..)

Cara pemesanan di Ralali.com

Pemesanan bisa dilakukan pada website Ralali.com atau jia ingin secara offline bisa juga datang langsung ke toko offlinenya. Ralali.com menyediakan fitur order dan pickup, fitur ini berlaku bagi pelanggan yang mau datang langsung secara offline ke toko Ralali.com dengan alamat Lindeteves Trade Center Lt.UG Blok A23 No.6 Jl. Hayam Wuruk 127 Jakarta Barat 11180 – Indonesia (telp 021 – 33316506).

Bagaimana metode Pembayarannya?

Bagi yang belum pernah transaksi dengan Ralali.com, Ralali.com memberikan kemudahan nih dari cara transaksinya. Metode pembayarannya dapat dilakukan dengan cara transfer melalui bank BCA, BNI, Mandiri dan BRI. Setelah transfer selesai pelanggan harus melakukan konfirmasi untuk memverivikasi pembayaran. Bagi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran secara COD bisa langsung dibayar ketika barang diantar ke tempat tujuan.

Meski Marketplace B2B berbasis MRO (Maintanance, Repair dan Operation) masih belum ada di Indonesia bukan berarti bisnis ini aneh dan tidak menarik. Karena bisnis ini memiliki sistem yang seperti itu maka perlu di cona, karena memiliki ciri khas yang berda dari yang lainnya. Sehingga peluang bagi calon pebisnis bisa terpenuhi, bukan hanya pembeli secara individu untuk kepentingan diri sendiri saja.. Dengan begitu Ralali.com bisa menjadi salah satu penghubung yang sangat krusial antar supplier dengan publik.

Bagaimana ulasan saya? Bisa membantu? Ra sampe lali yo? pokok e Ralali.com loh..


Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition yang diadakan oleh ngeBlog.me bekerja sama dengan Ralali.com.

Ingin lebih tau tentang Ralali.com? langsung deh kepoin website atau silahkan kunjungi beberapa sosial media Ralali.com berikut ini:

Twitter : @ralalicom

Facebook : ralalicom

Google+ : +RalaliCom

Linkedin : https://www.linkedin.com/company/ralali-com

Email : sales@ralali.com

Alamat Kantor : Ruko Paramount DotCom Blok BL/C no.19, Gading Serpong. Tangerang 15810 – Indonesia (telp 021 – 29672971)

Iklan

2 thoughts on “Mau Mulai Usaha tapii…”

  1. Iya mas makasi ya. Biasanya diatas langit pasti ada langit lagi. Mungkin ada yg lebih baik lagi dari karya saya ini, bisa jadi mas ntar.
    Link lombanya apa mas? Saya cuman nemu link blog aja. ☺
    Semangat nulis ✊

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s